Cara Sederhana Mengatasi Polusi Udara

Temans (teman-teman) .. rasanya kualitas udara disekeliling kita semakin hari seamkin memburuk dan menyesakan dada saja, terpapar oleh polusi udara. khususnya buat kita-kita yang sehari-hari tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan semacamnya. Apakah kita akan tinggal diam saja atau malah kita ikut serta dalam memeperkeruh udara yang ada? tentu saja tidak temans. Kita tidak bisa berdiam diri saja, kita tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja dalam menangani pencemaran udara ini. Kita harus berbuat sesuatu, kalaupun sama sekali kita tidak mau bisa berbuat karena alasan tertentu, minimal kita berusaha untuk tidak menambah mencemari udara yang ada..

Kualitas udara yang memburuk pada umumnya disebabkan oleh zat-zat pencemar yang sumbernya berasal dari pabrik-pabrik industri, kendaraan bermotor, proses pembakaran, dan pembuangan limbah padat.

Dampak yang paling utama adalah terhadap kesehatan manusia terutama pada sistem pernapasan, pembuluh darah, persarafan hati dan ginjal. tentu saja dampak ini tidak hanya kepada manusia saja, melainkan juga terhadap makhluk hiduplainnya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? banyak temans.. Banyak hal yang bisa kita lakukan, kita bisa melakukan hal-hal yang sedrhana sebenernya namun cukup berarti bagi kebersihan udara di sekitar kita..

Kalua temans punya kendaraan bermotor cobalah untuk mengurangi penggunaanya, untuk bepergian dengan jarak tempuh yang  jauh tidak ada salahnya sesekali kita bepergian dengan menggunakan kendaraan umum, selain kita tidak menambah kotor udara kita juga bisa berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan. Kalau jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, temans juga bisa lebih sering menggunakan sepeda, atau bahkan berjalan kaki, selain kita tidak menambah kotor udara, jalan kaki juga menyehatka bukan? saya sangat mendukung ada LSM-LSM atau komunitas yang mengkampanyekan menjalankan bike to work, walk to work, bike to campus, dan lain sebagainya.

Oh ya, jangan lupa juga kendaraan temans harus di cek scara berkala terutama dalam penetapan standar emisi, jangan sampai kelebihan. Pengotak-atikan dan pemeliharaan yang buruk dapat dengan cepat membuat pengendalian emisi menjadi tidak efektif. Usia kendaraan juga cenderung menurunkan kinerja perangkat polusi, jadi ada baiknya kendaraan temans di tukar dengan yang baru, hehe..

Hal lain yang bisa temans lakukan adalah menanam pohon atau tanaman apa saja, disarankan pohon yang rindang sedangkan untuk tanaman disarankan yang memiliki daun lebar. Trus nanamnya dimana? ya dimana saja yang jelas tanah milik temans, jangan juga ditengah jalan, hehe kecuali klo jalannya yang bolong-bolong, itupun hanya sebagai bentuk protes saja karena jalan tidak kunjung diperbaiki. Nah lho! ko jadi ga jelas gini.. Ok, kembali kejalan yang benar. Gini maksudnya temans kan bisa menanm tanaman dihalaman rumah klo punya lahan luas bisa ditanami pohon. ga usah mikir gimana-gimana dicoba dulu aja.. ;)

Terakhir, jangan buang samapah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya. kalau temans biasa menampung samapah sebelum dibuang kepembuangan akhir, coba dipilah mana yang sampah oraganik dan mana yang anorganik, kemudian tampung di tempat sambah yang berbeda.

Oh, ya! satu lagi.. bagi perokok cobalah niatkan untuk berhenti, karena ternaya asap rokok juga ikut andil dalam mencemari udara. kalau tidak bisa berhenti paling tidak stop merokok di tempat-tempat umum..

Terus ada lagi ngga cara sederhana lainnya? dari saya itu dulu saja, kalau temans punya cara lain silahkan di share di form komentar dibawah ini..

About these ads

About rach

an ordinary man with an extraordinary journey

Posted on October 1, 2010, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Bagus Banget tuch saran”nya

    GOOD LIKE LAH BUAT INFONYA (y)

  2. Terima kasih

  3. sangat2 bagus , itu baru anak bangsa

  4. infonya bgus bngt..
    minta izin, Saya share ke blog saya yah ?

  5. Nurul Aini, DMAC HHS Subang

    Tambahan untuk bersih udara dengan meng ODF kan alias BAB di jamban sehingga udara bebas dari pencemaran bau. Juga debu. Mengapa karena kotoran yang dibuang sembarangan dimusim panas/kemarau akan mengering dan menjadi debu. Debu akan menambah partikel udara yang beterbangan bersama virus, bakteri, telur cacing, spora sebagai produk hancuran TAI (PHT). Yang selanjutnya akan menempel di mana saja juga di hirup dan jika kita tidak menutup mulut waktu menguap akan masuklah pertikel debu produk hancuran TAI (PHT).
    Kalau partikel debu (PHT) mendarat di kulit, tangan adan masuk ke lewat pori2 kulit. Kalau (PHT)di tangan akan ikut masuk mulut kalau tidak CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Setuju ODF (STOP BAB). Gunakan BUMA (Buka Mata), BUHA (Buka Hati), BURAS (Buka Rasa).

  6. thank’s infonya.. bagus bgt ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: