Trip to Cilacap

Sudah hampir satu bulan saya tidak bepergian keluar kota, makanya begitu ada teman yang mengajak ke Cilacap saya langsung menghayukannya, kebetulan hari Kamis kemarin kalender Masehi merah, sehingga otomatis hari Kamis libur, pun hari Jum’atnya temen saya meminta izin untuk cuti dari kerjaannya,  kebetulan saya sendiri lagi ga ada kesibukan juga. Pada hari itu juga saya dan teman langsung berangkat dan kembali pulang hari minggu, berarti 4 hari saya di cilacap. Kurang lebih satu tahun yang lalu saya juga pernah main ke Cilacap, itu artinya ini kali kedua-nya saya kesana.

Jarak tempuh Bandung – Cilacap kurang lebih sekitar 200 kilo meter, kalo menggunakan kendaraan umum waktu tempuh sekitar 6 jam [klo lancar], ongkosnyapun ga terlalu mahal sekitar 35 ribuan, biasanya bis yang beroperasi kesana adalah Bis Budiman, dengan pemberangkatan awal dari terminal Caheum.

Kalo berangkat dari Leuwi Panjang, untuk ketemu Bis Budiman yang mo ke Cilacap tidak mesti ke terminal Caheum dulu, kita bisa ketemu Bis Budiman di Cibiru, untuk Ke Cibiru bisa naik angkot, Damri, atau Trans Metro Bandung yang baru beberapa bulan ini beroperasi, onkosnya sekitar 3 ribuan.

Ketika saya tiba di rumah teman, saya langsung disuguhi tempe mendoan (sejenis goreng tempe yang dibalut dengan tepung terigu, tapi di gorengnya tidak sampai kering), tidak hanya disitu, ketika saya di ajak silaturahmi ke rumah temennya temen saya, kembali saya disuguhi tempe mendoan, sehingga saya berkesimpulan bahwa tempe mendoan ini merupakan salah satu mkanan khas Cilacap, dan setelah saya tanya keteman ternyata memang bener, bagi penggemar wisata kuliner, selain tempe mendoan masih ada makann khas lainnya yang cukup terkenal disini di antaranya, tahu masak, lotek (sejenis pecel), tahu brontak dan sale pisang.

Apa yang terkenal di Cilacap? Itulah pertanyaan yang saya ajukan kepada teman saya, teman saya pun menjawab, selain makanan khasnya tadi, Cilacap juga terkenal dengan Nusa Kambangannya, yaitu sebuah pulau yang tertutup dan dilamnya terdapat lembaga pemasyarakatan Kelas I, dimana penghuninya adalah penjahat2 kelas kakap, karena itu pulau ini sering juga disebut sebagai AL Catraz-nya Indonesia. Di Cilacap juga terdapat objek wisata yang cukup dikenal diantaranya; Hutan Payau, Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendhem, Gunung Srandil, dan Pantai Widara Payung.

Pertanian merupakan sektor utama perekonomian di Kabupaten Cilacap. Subsektor nelayan digeluti sebagian besar penduduk yang tinggal di pesisir pantai selatan. Cilacap adalah satu dari tiga kawasan industri utama di Jawa Tengah (selain Semarang dan Surakarta). Di Cilacap terdapat  industri terbesar diantara industri lain yaitu Pertamina Unit Pengolahan IV dan Pabrik Semen HOLCIM..

Peta Lokasi Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Cilacap. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar (Jawa Barat) di sebelah Barat.

Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap merupakan daerah pertemuan Budaya Jawa (Banyumasan) dengan Budaya Sunda (Priangan Timur), sehingga tidak aneh sebagian masarakat disini ada yang menggunakan bahasa sunda, meskipun sundanya sunda kasar dengan logatnya logat jawa.

Itulah barangkali sedikit informasi yang saya peroleh dari Cilacap, dan tentu saja masih banyak yang tidak saya ketahui tentang Cilacap ini..😉

:

About rach

an ordinary man with an extraordinary journey

Posted on May 17, 2010, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

