Lessons From the Top

Tak di sengaja, lagi beres2 buku koleksi saya yang sudah lama tak disentuh, ketika saya mengecek dan mencoba membersihkannya dari debu, tiba2 saya mengkerutkan kening pada saat mata saya tertuju pada sebuah buku yang berjudul Lesson From The Top karangan Neff dan Citrin, yang letaknya berada hamper paling bawah dari tumpukan buku2, kebetulan saya tidak punya rak khusus untuk buku, maklum anak kost-an jadi menyimpan buku cukup ditumpuk didalam dus saja, he..😀

Saya lupa2 ingat?? apakah buku ini punya saya atau bukan? Apakah saya pernah membacanya atau belum? Untuk menghilangkan rasa penasaran, sayapun mengambil buku tersebut kemudian membuka dan mencoba membacanya, di halaman sampul depan saya menemukan catatan “untukmu dan mimpi-mimpimu” disertai tanda tangan dibawahnya, saya baru ‘ngeh’ klo buku tersebut adalah adalah pemberian seorang sahabat beberapa tahun silam pada saat saya masih kuliah di semester 5. Halaman demi halaman telah saya lalui, menarik juga buku ini..😉

Ada pelajaran menarik yang dapat  diambil dari   buku yang di tulis Neff dan Citrin (1999) ini. Pada   tahap   pertama,   penulis   buku meminta   kepada sekitar 500 orang (CEO dari berbagai perusahaan, LSM, dan   dekan/rektor   perguruan   tinggi)   agar   mereka menominasikan   50   nama   orang-orang   yang  menurut mereka   tersukses   di  Amerika.  Dari  mereka,   akhirnya diperoleh 50 nama yang beberapa di antaranya adalah:

  • Jack Welch (General Electric)
  • Bill Gates (Microsoft)
  • Andy Grove (Intel)
  • Lou Gerstner (IBM)
  • Michael Dell (Dell Computer)
  • Mike Armstrong (AT&T)
  • John Chambers (Cisco System)
  • Frederick Smith (Federal Express)
  • Steve Case (America Online)
  • Elizabeth Cole (American Red Cross)
  • Bob Eaton (DaimlerChrysler)
  • Michael Eisner (Walt Disney)
  • Ray Gilmartin (Merck)
  • Hank Greenberg (AIG)
  • Sandy Weill (Citigroup)
  • Alex Trotman (Ford Motor Company)
  • Bill Steere (Pfizer)
  • Howard Schultz (Starbucks)
  • Ralph Larsen (johnson&Johnson)
  • Walter Shipley (Chase Manhattan), dll.

Tahap   berikutnya,   penulis   buku mewawancarai   50   orang   terpilih   tersebut   satu-per-satu. Dalam wawancara tersebut  antara  lain ditanyakan rahasia sukses para pengusaha  tersebut.  Jawaban mereka kemudian di rangkum di dalam bab kesimpulan yang memuat 10 kiat yang menurut 50 orang tersebut paling menentukan kesuksesan mereka.

Ada hal yang lebih menarik perhatian saya, dari sepuluh kiat sukses tersebut tak satupun yang menyebut pentingnya memiliki keterampilan teknis (hardskills)  sebagai persyaratan untuk sukses di dunia kerja.  Lima puluh orang  tersebut   seolah  sepakat  bahwa  yang paling menentukan kesuksesan mereka bukanlah   keterampilan   teknis,   melainkan   kualitas   diri   yang   termasuk   dalam   katagori keterampilan  lunak  (softskills)  atau keterampilan berhubungan dengan orang  lain  (people skills). Berikut  ini adalah 10 kiat sukses 50 orang tersukses di Amerika tersebut.

Ten Common Traits of the Best Business Leaders:

1. Passion

2. Intelligence and clarity of thinking

3.  Great communication skills

4. High energy level

5. Egos in check

6. Inner peace

7. Capitalizing early life experience

8. Strong family lifes

9. Positive attitude

10. Focus on “doing the right things right”

Coba   perhatikan,  kiat   sukses   nomor   satu   ternyata   adalah   “passion”,   gairah,   atau semangat  yang kuat.  Orang bijak menterjemahkan  semangat   sebagai  “burning desire” yang diwujudkan dalam bentuk: “bersedia mencurahkan apapun yang dipunyai untuk apapun yang sedang dikerjakan.”  Karena definisinya demikian, tak heran jika 50 orang sukses tadi menempatkan “semangat” sebagai modal pertama untuk meraih kesuksesan.

Yang menjadi pertanyaan saya, “semangat” itu –andaikan bisa diajarkan– akan diajarkan melalui apa dan diajarkan oleh siapa serta dengan cara bagaimana? Saya ga mendapatkan jawaban yang pasti, karena buku tersebut memang tidak membicarakan darimana atau dengan cara apa agar semangat itu ada dalam diri seseorang, tapi setidaknya saya juga pernah mendengar ceramah dari sesorang, yang mengatakan bahwa  semangat   itu   tidak   bisa dipelajari tapi bisa ditularkan.   Dengan demikian   jika kita ingin punya semangat kita harus bergaul dengan orang2 yang punya semangat, orang2 yang selalu optimis dalam menjalani hidup dan punya daya juang tinggi.

Saya jadi teringat semasa kuliah dulu, saya bisa merasakan bagaimana semangat itu menular, saya bisa merasakan mana dosen yang mengajar dengan semangat dan mana dosen yang mengajar hanya sekedar memenuhi kewajibannya saja. Dosen yang mengajar dengan semangat, kemahasiswanyapun jadi semangat dalam mengikuti perkuliahan, senang dan antusias, sebaliknya jika dosen yang mengajar asal2an kemahasiswanya jadi males, ngantuk bahkan tertidur di kelas.

Lalu bagaimana dengan sembilan kiat sukses lainnya? Silahkan temen2 baca bukunya sendiri..😉

Meskipun hardskil tidak termasuk 10 kiat sukses yang dikemukakan oleh orang sukses diatas,  bukan berarti   hard skills tidak penting  dalam dunia usaha dan dunia kerja atau dunia bisnis sekalipun. Namun beberapa buku selalu menekankan bahwa di dalam dunia nyata tersebut  soft skills  sangat menonjol peranannya dalam membawa orang mampu bertahan di puncak sukses. Dengan kata lain:

We HIRE people for their technical skills,

but then….

We FIRE them for behavioral faults

Selain  10 kiat  sukses  tersebut,  para pengusaha di  dalam buku  Lesson From  the Top  juga menambahkan enam prinsip utama (six core principles)  bagi suksesnya orang-orang sukses, yaitu:

  • live with integrity,
  • Develop a winning strategy,
  • Build a great management team,
  • Inspire employees,
  • Create a flexible organization, and
  • Implement relevant systems.

Sepuluh kiat sukses dan enam prinsip inti tersebut di atas semakin menegaskan pentingnya softskills.  Sadar  atau  tidak,  diri  kita  seringkali  menilai  orang  lain  (terutama yang kita kagumi)  dari   sikap dan perilakunya.  Artinya apa? Kita pun akan dinilai  orang karena sikap dan perilaku kita.  Jadi  betapa pentingnya bagi  kita untuk selalu memelihara sikap dan perilaku yang menyenangkan dan diterima baik oleh orang lain..🙂

:

About rach

an ordinary man with an extraordinary journey

Posted on July 3, 2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. bro buku ini masih ada gak yah? bisa gw belii gak neh? 085669358188 thx bro mohon info nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: